• .

  • .

  • .

  • .

Copyright 2018 - Badan Kepegawaian Daerah

HUT PROVINSI PAPUA BARAT XVIII

 

Manokwari, 12 Oktober 2017. Pemerintah Provinsi Papua Barat memperingati ulang tahun yang ke-18, bertempat di lapangan apel kantor gubernur arfai mengadakan Upacara Pengibaran Bendera serta pemotongan tumpeng turut dihadiri pejabat teras di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat.  Didalam Sambutannya Bapak Gubernur Menjelaskan Bahwa Pembangunan Di Provinsi Papua Barat sesuai dengan motto beliu pada saat pemilihan Gubernur melayani dengan hati, membangun dengan kasih, menuju Papua Barat yang aman, mandiri dan sejahtera,Bahwa pembangunan di Provinsi Papua Barat harus dapat mensejahterakan seluruh masyarakan di Provinsi Papua Barat. Serba-serbi           acara tambahan pada peringatan ulang tahun Provinsi Papua Barat
diantaranya MoU Pemerintah Papua Barat dengan Badan Pusat Statistik Papua Barat, tentang pembentukan bank data bersama, Penyerahan Perangko edisi Gubernur dan Wakil Gubernur dari PT. Post cabang Manokwari, Pemberian piagam warisan budaya kepada Bupati/Walikota Se-Papua Barat dan Hibah pertamini untuk mama papua.

PENGUKUHAN/PELANTIKAN KAKANREG XIV BKN DAN KEPALA PERWAKILAN BPKP

 

 

Manokwari, 10 Oktober 2017 Bertempat di Gedung kantor Gubernur ruang multimedia lantai 3  Gubernur Provinsi Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan melantik Kepala  Perwakilan BPKP  Di Provinsi Papua Barat Bapak Buyung W. Samudro dan Kepala Kantor Regional XIV BKN  Bapak Siddik Kadarusman  acara turut disaksikan pejabat teras di lingkungan Provinsi Papua Barat. Sesuai SK Kepala BPKP Nomor KEP-170/K/SU/2017 tanggal 5 Juli 2017 tentang Pengangkatan dan Pemindahan Pejabat Struktural di Lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan Nomor KEP-171/K/SU/2017 tanggal 5 Juli 2017 tentang Pengangkatan dan Pemindahan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional Auditor selaku Koordinator Pengawasan Kelompok Jabatan Fungsional Auditor di Lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

 

 Perwakilan  BPKP  Provinsi  Papua  Barat  adalah  instansi  vertikal  BPKP  di daerah  yang memberikan kontribusi  terhadap pengembangan manajemen pemerintahan khususnya dalam mengawal pemerintah daerah menuju sistem otonomi daerah yang transparan, bertanggung jawab dan  akuntabel serta mampu memberikan kontribusi bagi terciptanya kebijakan pemerintah pusat yang berpihak kepada kepentingan masyarakat Papua Barat. Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat ini merupakan media untuk lebih memperkenalkan tugas dan fungsi BPKP kepada  stakeholders di  Provinsi Papua Barat yang dalam waktu tiga tahun keberadaannya berbagai upaya telah dilakukan untuk mendorong manajemen pemerintahan mencapai Good Governance and Clean Government.

Acara diawali dengan pembacaan Surat Kepala BPKP dan Surat Keputusan Kepala BKN oleh Kepala Bidang Data, Dokumentasi dan Informasi Ibu Suwarti, SE di lanjutkan dengan Pengambilan Sumpah\Janji Jabatan, Penandatangan Berita Acara Sumpah\Janji Jabatan, Pengukuhan\Pelantikan diakhiri dengan sambutan Bapak Gubernur.

               Didalam sambutannya Gubernur Papua Barat menyampaikan komitment bersama untuk meningkatkan kualitas akuntabilitas keuangan negara dan pelayanan publik pada khususnya di Papua Barat. Dengan hadirnya Kantor Regional BKN XIV Manokwari diharapkan dapat memberikan jasa obyektivitas terhadap masyarakat melalui proses layanan kepegawaian sesuai norma, standar dan prosedur yang berlaku. Selain itu Kantor Regional BKN XIV Manokwari sebagai jembatan hubungan yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah Provinsi Papua Barat telah bekerjasama dengan BPKP sejak tahun 2006 dalam tata kelola pemerintahan, sehingga dengan dilantiknya kepala Perwakilan BPKP Papua Barat yang baru dapat melanjutkan kerjasama, koordinasi dan sinergi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Secara umum Gubernur mengungkapkan bahwa pengelolaan keuangan negara di Pemerintah Provinsi Papua Barat mengalami peningkatan yang signifikan.

Dalam rangka proses pengawalan pembangunan secara nasional, Gubernur mengajak BPKP bersama-sama dengan pemerintah daerah berkomitmen siap bekerjasama membantu memecahkan permasalahan guna mendorong percepatan pembangunan secara nasional. Dengan sumberdaya manusia yang terbatas di BPKP hendaknya dapat bekerja maksimal bersama pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan dalam pengelolaan keuangan daerah. Semoga kerjasama akan terus berlanjut di masa yang akan datang.

 

 

 

 

 

 

 

 

              

 

 

 

 

PELATIHAN JARINGAN WINDOWS SERVER DI YOGAYA EXECUTIVE SCHOOL

 Yogyakarta, 25 September 2017. Pelatihan di Yogyakarta Executive School telah sampai pada Pelatihan Jaringan Komputer Windows Server, setelah kesekian kalinya melaksanakan kegiatan pelatihan banyak hal pengetahuan yang kita dapatkan untuk menunjang pekerjaan di tempat tugas. Upaya membangun jaringan server Badan Kepegawaian Daerah Provinsi papua Barat yang baik dan berkelanjutan di tuntut sumberdaya manusia yang mumpuni di bidang IT dan mau untuk bekerja keras  membangun dan perawatan Jaringan Windows Server.

Server adalah Sebuah Sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. server didukung dengan prosessor yang bersifat scalable dan Ram yang besar, juga di lengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.
Umumnya , Didalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan ini adalah Protokol Configurasi Host Dinamik , Server surat, server Pth, Server Ptb, DNS server , Dll. Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membangun server :

1.      Fault tolerance atau toleransi kesalahan merupakan suatu pemahaman dimana ketika membangun suatu jaringan, bagaimana seluruh infrastruktur yang dibangun dapat terus berjalan tanpa adanya gangguan. Fault tolerance dilakukan dengan melakukan redundancy terhadap jaringan yang akan kita bangun. Redundansi dapat dilakukan dengan cara menduplikasi jalur (path) yang digunakan untuk mentrasmisikan informasi baik secara physical maupun logical.

2.      SCALABILITY adalah bagaimana menjaga performa dari jaringan komputer agar tidak berkurang ketika akan melakukan ekspansi jaringan( penambahan user dan netwok ).  Hal ini yang sering dialami oleh service provider (misalnya ISP) dimana walaupun pengguna ISP bertambah banyak, ISP harus tetap dapat menjaga performa dari jaringan yang dibangun.

3.      QUALITY OF SERVICE  Berdasarkan kebutuhan, Inti dari QoS dalam jaringan komputer adalah bagaimana kita membagi-bagi “jatah” resource sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam suatu organisasi, misalnya berdasarkan posisi jabatan atau departemen. Contoh simple dari QoS adalah seperti yang ditunjukkan gambar berikut.

4.    Security alias keamanan dari jaringan kadang luput dari pengawasan kita dan bahkan terkesan kurang diperhatikan. Intinya adalah bagaimana membuat jaringan komputer yang kita bangun aman baik dari internal attacker maupun external attacker.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan jaringan komputer windows server Kita dapat membangun jaringan server yang baik dan berkelanjutan tanpa harus bergantung dengan  pihak lain.

DIGITALISASI PELAYANAN BKD PAPUA BARAT

Jakarta, 6 september 2017. Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua Barat melaksanakan kunjungan kerja ke LIVING LAB SMART CITY NUSANTARA di  Jakarta dengan tujuan mengetahui produk/layanan/aplikasi yang dapat digunakan BKD dalam menunjang digitalisasi pelayanan di BKD. Dalam kesempatan ini Kepala BKD Bapak Yustus Meidodga menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT.Telkom,Tbk untuk Kita melihat  produk/layanan/aplikasi yang dimiliki dan diharapkan dari kunjungan kerja terjadi kerjasama lebih lanjut.

 

Penjelasan produk/layanan/aplikasi yang ada di LIVING LAB SMART CITY NUSANTARA diawali dari roadmap smart city, terbentuknya sebuah kota cerdas dimana semua dapat dikontrol oleh satu sistem aplikasi, misalnya dengan aplikasi kontrol lampu hemat Kita dapat menyesuaikan waktu lampu menyala/mati sesuai dengan kebutuhan. Layanan e-office, E-Office adalah aplikasi yang mentranformasikan proses korespondensi(nota dinas,surat dinas laporan dll) yang selama ini berjalan dengan manual berbasis kertas menjadi berbasis elektronik.

Keuntungan mempergunakan aplikasi E-Office adalah :

1.      Layanan terintegrasi.

2.      Transparan dan mudah dikontrol.

3.      Lebih hemat karena tidak mempergunakan kertas.

4.      Lebih mudah dalam pengelolaan surat.

 

5.      Pengarsipan.

Ketentuan pemberian tunjangan penghasilan adalah salah satunya dengan mempergunakan Aplikasi Absensi On-line sehingga laporan real kondisi pegawai tanpa edit hasil rekam daftar kehadiran selain itu penggunaan finger scanner juga dapat diterapkan untuk lockdoor, Sebagai outorisasi ruangan kerja. Aplikasi Layanan SMS BLAST  adalah layanan informasi dengan media sms, yaitu Kita dapat mengatur berita/isi sms ditujukan kepada pegawai yang nomornya telah terdaftar, Seperti himbauan/perintah lisan yang umum.

 Kepala BKD menjelaskan bahwa semua aplikasi sangat dibutuhkan untuk menujang kerja tetapi kembali lagi pada ketersediaan anggaran didaerah, sebelum acara selesai Kita buat listing kebutuhan aplikasi yang akan digunakan di BKD Provinsi Papua Barat. Diharapkan tujuan nasional mensejahterakan rakyat dan ASN sebagai abdi masyarakat dapat memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya.

 

 

HUT PROVINSI PAPUA BARAT XVIII
HUT PROVINSI PAPUA BARAT XVIII

HUT PROVINSI PAPUA BARAT XVIII

More details
PENGUKUHAN/PELANTIKAN KAKANREG XIV BKN DAN KEPALA PERWAKILAN BPKP

PENGUKUHAN/PELANTIKAN KAKANREG XIV BKN DAN KEPALA PERWAKILAN BPKP

More details
PELATIHAN JARINGAN WINDOWS SERVER DI YOGAYA EXECUTIVE SCHOOL

PELATIHAN JARINGAN WINDOWS SERVER DI YOGAYA EXECUTIVE SCHOOL

More details
f t g m

PETA LOKASI BKD