Asman Abnur Diminta Mampu Membawa Mesin Birokrasi Lebih Baik

Jakarta-Humas BKN, Asman Abnur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menjadi salah satu Menteri terpilih dari komposisi Reshuffle Jilid II yang dilakukan Presiden RI Jokowi menggantikan Yuddy Chrisnandi. Mantan Komisi IX tersebut langsung melakukan serah terima jabatan dengan Menpan RB sebelumnya yang berlangsung Rabu, (27/7) di Kemenpan RB dan dihadiri oleh Kepala BKN dan jajaran pejabat BKN, serta pejabat mitra kerja laiinya.

Mengawali jabatannya sebagai Menpan RB, Asman Abnur menyampaikan amanah Presiden RI agar mampu membawa mesin birokrasi dengan kerja konkrit, karena wujud birokrasi bukan hanya sekadar rekrutmen semata. Salah satunya melalui penerapan e-budgeting pada seluruh lini pemerintahan.

“Presiden Jokowi berpesan pada saya untuk mendorong pelaksanaan e-budgeting dalam lingkup birokrasi pemerintahan, seluruh instansi pusat dan daerah dituntut mampu mengelola anggaran berbasis sistem, hal tersebut juga sudah dibicarakan dengan Menteri Keuangan dan Bappenas terkait implementasinya,” ungkap mantan Walikota Batam tersebut.

Asman juga menyampaikan pesan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) kepadanya ketika terpilih agar saat menjalankan tugasnya, Asman diminta untuk fokus berkerja.

“Menko PMK tadi sempat berpesan kepada saya agar tidak banyak berbicara, tetapi lebih banyak bekerja,” ujarnya. (des)