MENTERI ASMAN APRESIASI BANYUWANGI TERAPKAN E-VILLAGE PERFORMANCE BUDGETING

SURABAYA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang telah menerapkan sistem e-budgeting. Menteri berharap agar langkah  yang baik itu ditularkan ke seluruh instansi pemerintah terutama pemerintah daerah. E-budgeting penting bagi setiap instansi pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran serta bisa dipertanggungjawabkan.
 
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dalam paparannya pada Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur, di Surabaya, Selasa, (02/08), menjelaskan bahwa e-village performance budgeting merupakan sistem yang mengintegrasikan antara proses perencanaan, penganggaran, serta pelaporan.
 
Melalui sistem tersebut, yang merupakan pengembangan dari sistem e-budgeting, Azwar Anas berharap bisa mewujudkan smart kampung. Dengan menerapkan sistem tersebut, Kabupaten Banyuwangi saat ini telah dijadikan pilot project implementasi e-budgeting oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
 
"Kami juga sudah diundang Duta Besar Amerika bersama Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Kami bicara smart kampung, bukan smart city. Karena kota jaraknya jauh dari desa, smart city hanya memotret kemacetan," ujarnya.
 
Selain itu, Azwar Anas juga menyebutkan bahwa rencana pembangunan atau focus program Kabupaten Banyuwangi telah melalui integrated development plan. Dengan demikian, setiap program atau kebijakan yang dilakukan Kabupaten Banyuwangi telah terintegrasi antar dinas terkait. (ris/HUMAS MENPANRB)