Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi dan Administrator

Manokwari, Kamis 14 Januari 2017 bertempat di lantai 3 gedung Gubernur Papua Barat terselenggara Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi dan Administrator Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat Oleh Bapak Gubernur Abraham O. Ataruri. Dalam acara pengukuhan dan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi dan Administrator turut disaksikan oleh Kepala- kepala Instansi Di Papua Barat diantaranya Bapak PANGKODAM, Bapak KAPOLDA, Kepala Kejaksaan, Ketua MRP dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah. Berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah menyebabkan berubahnya nomenkelatur skpd pemerintahan daerah. Bahwa Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat terdapat perubahan nama skpd, pembentukan skpd baru dan penggabungan skpd untuk itu perlu adanya pelantikan atau pengukuhan pejabat Di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat. Pada kesempatan ini dilantik pejabat pimpinan tinggi/ Sekretaris Daerah Eselon Ib dan Administrator/ kepala-kepala skpd eselon II.
  Pengambilan Sumpah jabatan oleh bapak Gubernur
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah bahwa Di Lingkungan Perangkat Daerah provinsi terdiri atas:
a. sekretariat Daerah;
b. sekretariat DPRD;
c. inspektorat;
d. dinas; dan
e. badan.
Sedangkan untuk tipe Sekretariat Daerah provinsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 dibedakan dalam 3 (tiga) tipe, terdiri atas :
1    Sekretariat Daerah Provinsi tipe A untuk mewadahi pelaksanaan fungsi sekretariat Daerah Provinsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat 4 dengan beban kerja yang besar.
2    Sekretariat Daerah Provinsi tipe B untuk mewadahi pelaksanaan fungsi sekretariat Daerah Provinsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat 4 dengan beban kerja yang sedang.
3    Sekretariat Daerah Provinsi tipe c untuk mewadahi pelaksanaan fungsi sekretariat Daerah Provinsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat 4 dengan beban kerja yang kecil.

Demikian sedikit penjelasan dasar pelantikan dan pengukuhan yang terselenggara hari ini. Semoga bagi Pejabat yang telah dilantik dapat mengemban jabatan dengan sebaik-baiknya. Tunjukan profesionalitas, loyalitas dan integritas sebagai sebagai seorang pejabat demi kesejahteraan masyarakat Papua Barat.