Acara Pelepasan Gubernur Papua Barat Bapak Abraham O. Atururi dan Wakil Gub. Papua Barat Ibu Irene Manibuy, SH.

Hari ini tanggal 17 januari 2017 sesuai dengan radiogram menteri Dalam Negeri Republik Indonesia bahwa masa jabatan Gubernur pada pukul 00 wit berakhir, selanjutnya Sekretaris Daerah sebagai Pelaksana Tugas Harian sesuai instruksi yang dalam hal ini pelaksanaan penyerahan tugas dari Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Dirjen Administrasi Kewilayahan  selanjutnya Menteri Dalam Negeri akan menunjuk Penjabat Gubernur sampai dengan terpilihnya Gubernur Definitif yang baru.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Dirjen Administrasi Kewilayahan berpesan agar dalam situasi dan kondisi Pemilihan Kepala daerah agar semua pihak dapat menjaga ketentraman, keamanan agar tercipta situasi yang kondusif. Bapak Menteri Dalam Negeri juga berpesan selaku pegawai negeri sipil / ASN dapat menjaga netralitas agar PILKADA dapat berjalan dengan baik. Sesuai peraturan perundang-undangan apabila seorang aparatur sipil ikut/ terlibat langsung didalam kampanye/ kegiatan partai dapat dijatuhi hukuman pemecatan.

Selanjutnya didalam acara pelepasan gubernur dan wakil gubernur disampaikan kesan dan pesan dari beberapa tamu undangan pertama Bapak Origenes Ijie perwakilan dari Tim Pembentukan Provinsi Papua Barat yang dikenal dengan nama TIM 315. Yang kedua oleh Bapak G.C Auparay yang mewakili para pensiunan PNS di Papua Barat. Ketiga Bapak Bupati Kaimana yang mewakili para Bupati dan Walikota, serta Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Drs. NATANIEL DOMINGGUS MANDACAN, M.Si mewakili PNS Aktif Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat. Dalam penyampaian pesan dan kesan dapat diambil ringkasan adalah rasa syukur dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Abraham O. Ataruri hingga adanya Provinsi Papua Barat yang berkedudukan di Manokwari sehingga anak-anak adat boleh jadi sebagai pejabat di provinsi ini. Sebagai bentuk penghargaan dan rasa syukur nama Bapak Abraham O. Ataruri dijadikan nama jalan antara Gedung Baru Kantor Gubernur arfai sampai Rumah Dinas di Kampung Susweni sepanjang 23 KM, sedangkan untuk mengenang jasa Almarhum Bapak Wakil Gubernur Rahimin Katjong Pemerintah Provinsi Papua Barat juga memberikan nama jalan dari kampung ayambori sampai kerumah dinas susweni dengan nama Rahimin Katjong sepanjang 13 KM. Bapak Gubernur Papua Barat dengan TIM 315 telah membuat Provinsi ini ada tetapi jalan kita masih panjang sebagai Provinsi yang masih muda sudah banyak yang telah Kita capai tetapi masih banyak tugas dan tanggungjawab kedepannya untuk membuat Provinsi ini maju dan rakyatnya sejahtera. Kita tidak akan lupa jargon jargon Bapak Gubernur yang setiap waktu Kita dengar seperti “Kalau bukan kitorang sapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi” kata-kata ini kalau Kita cermati memiliki arti yang sangat mendalam bahwa Kita sebagai pribadi membuat perubahan membuat perbaikan melakukan tindakan nyata untuk pribadi dan orang lain serta yang utama untuk Provinsi ini agar maju dan sejahtera..

Selepas menjabat Gubernur Papua Barat Bapak Abraham O. Ataruri dikembalikan lagi ditengah-tengah masyarakat dalam hal ini turut mengantar Dirjen Administrasi Kewilayahan, Bapak PANGKODAM, Bapak KAPOLDA, Kepala Kejaksaan serta pejabat teras di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Barat selaku penerima masyarakat diwakili oleh Kepala Suku besar Arfak Bapak Dominggus Mandacan.

Tak henti-hentinya Kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Abraham O. Ataruri, Selamat Jalan Bapak beserta Ibu dan Keluarga semoga selalu diberikan kesehatan. Semoga Kita sebagai penerus dapat mewujudkan cita-cita Provinsi ini boleh ada, Mewujudkan Provinsi yang maju serta rakyatnya yang sejahtera.
GOD BLES THE LAND OF PAPUA...