TASPEN

Apa itu Taspen? Bagaimana cara membuat kartu taspen?
TASPEN merupakan kepanjangan dari Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri, yang pengelolaannya dilakukan oleh P.T. TASPEN dengan fungsi menyelenggarakan Asuransi Sosial termasuk Asuransi dana pensiun dan tabungan hari tua bagi Pegawai Negeri Sipil. Pencairan dana Taspen sesuai tujuannya sebagai tabungan dan asuransi, baru dapat dicairkan ketika anggotanya memasuki masa pensiun/meninggal dunia yaitu dengan menunjukan kartu anggota dan bukti-bukti Pensiun PNS yang bersangkutan.

Membuat dan mengurus Taspen cukup mudah. Ada 2 cara dalam mengurus pembuatan kartu taspen. Pertama lewat Badan Kepegawaian Daerah

TASPEN dapat diajukan melalui Sekretariat BKD Provinsi Papua Barat (di jam dan hari kerja) dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :

1. Fotocopy & legalisir Pengangkatan sebagai CPNS

2. Fotocopy & legalisir Pengangkatan sebagai PNS

3. Fotocopy & legalisir Daftar Gaji Terakhir

4. Fotocopy & legalisir Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT)

5. KP 4 (Keterangan Pembayaran Tunjangan Keluarga) / SKum

 

* Berkas dibuat rangkap 2 masing-masing disertai MAP

 

Cara kedua dalam pengurusan TASPEN adalah mengurus sendiri ke PT Taspen (samping hotel Fujita).